“politik”

istilah politik bukanlah sesuatu yang aneh terdengar dalam segala sisi kehidupan kita. “politik” pun memiliki makna berbeda sesuai dengan konteksnya. dalam konteks perilaku keseharian, politik berarti cara bertindak (dalam menghadapi atau menangani suatu masalah) [KBBI]. artinya, setiap orang berpolitik!

politik seperti apakah yang kita lakukan? baikkah? well, sebenarnya, istilah “politik” itu sendiri bertendensi negatif. terkesan seperti membuat siasat atau taktik untuk menjatuhkan orang lain yang dianggap sebagai rival dan menggeser kedudukan mereka.

seringnya, “politik” dilakukan dengan caracara yang licik, curang, dan penuh intrik. terkadang seseorang harus bermuka dua, tiga, empat. terkadang seseorang harus “lihai” dan “lincah” dalam “menjilat” mangsa yang dianggap sebagai yang menjadi “kunci” tujuannya, siapa pun. bisa jadi atasan, bisa jadi pejabat, bisa jadi guru, bisa jadi . . . tergantung tujuan si empunya maksud.

untuk maksud bertendesi tersebut, terlihat “silly” memang. ok, bukan sekadar terlihat, tapi benarbenar “silly“. karena sibuk mencaricari strategi dan berfokus pada orang yang dijadikan sasaran “politik”, terlupakah bahwa ada sesuatu yang dengannya kita tidak mungkin melakukan manipulasi?

tidak peduli seberapa pun Anda berupaya dengan berbagai cara licik, mulai fitnah hingga pembunuhan karakter, untuk mendekati “dia” atau bahkan “mereka”, itu urusan Anda. karena saya yakin bahwa Allah Sang Maha Melihat tidak akan membiarkan seorang pun dari makhlukNya yang telah bersabar terus-menerus menjadi sasaran empuk tingginya ego dan kesombongan Anda. pada waktunya, segala upaya Anda akan membuahkan hasil. dan pada waktunya, segala kesabarannya akan membuahkan hasil. “everything has its own time.”

.R.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s