bukan curhat, cuma curhat

saya tidak tau bagaimana cara memulai untuk berdamai. ini di luar konteks “peace begins with a smile”. atau sebenarnya berkolerasi, tetapi damai yang saya maksud dalam hal ini lebih jauh ke dalam diri sendiri.

entah mana yang lebih baik dalam konteks suatu hubungan: berdamai dengan diri sendiri lantas berdamai dengan orang lain, atau berdamai dengan orang lain baru berdamai dengan diri sendiri.

takdir saya adalah sebagai seorang manusia, wanita, yang memiliki banyak kekurangan, bahkan terkadang saya merasa akan menjadi wanita terakhir yang dilihat oleh para pria karena banyaknya wanita sempurna di luar sana. saya melakukan banyak kesalahan, disengaja atau tidak, pun di saat berkalikali mengucap janji dalam diri untuk tidak mengulanginya. ada satu sisi di mana diri memberontak ketika merasa terluka sangat atau tidak dapat terusmenerus menerima perlakuan yang menyebabkan hati seperti sakit.

salah. sungguh salah. selemah apa pun, seharusnya saya bersabar. seharusnya tidak mengajak pasukan ego untuk membuat pertahanan diri sedemikian rupa melakukan perlawanan. salah, saya sungguh salah. seharusnya tidak berharap orang lain memaklumi kesalahan saya, tidak berharap orang lain memahami perasaan saya. ini bukan tentang perasaan saya karena perasaan saya, perasaan sakit saya, hanyalah milik saya. tidak untuk dibagikan.

mungkin, saya membutuhkan masa dalam sendiri. mungkin, saya perlu lebih banyak mengoreksi dan memperbaiki diri. mungkin, saya perlu mengalami suatu waktu untuk bisa merasakan di mana cinta adalah tentang hubungan saya dengan orang lain, cinta adalah tentang cinta saya dan cinta orang lain. dan karenanya dibutuhkan suatu kedamaian dan kedewasaan diri untuk bisa mempertahankannya, menjaganya tetap utuh. juga untuk memahami bahwa suatu sakit adalah sakit sehingga tidak membuat orang lain merasakan rasa sakit.

Allah Maha Mengetahui. setiap orang yang meyakininya, tidak akan memungkirinya, walaupun tidak setiap orang yang meyakininya, menyadarinya setiap saat. semoga Ia mengampuni segala kesalahan saya, menutup segala aib saya, dan memperbaiki segala kekurangan saya.

ini bukan curhat. ini cuma curhat.

.R.

Leave a Reply

